Berita

Sejarah Hari Ini: 6 Mei, Krisis Moneter Picu Kerusuhan di Medan

Kamis, 06 Mei 2021 - 15:33
Sejarah Hari Ini: 6 Mei, Krisis Moneter Picu Kerusuhan di Medan Kerusuhan 6 Mei 1998 di Medan (Foto: waspada)

TIMES SAMARINDA, JAKARTASejarah hari ini, akan mengulas kerusuhan Mei yang terjadi di Medan dan beberapa wilayah Sumatera pada 6 Mei 1998. Kerusuhan yang menyebabkan 5 nyawa melayang ini dipicu krisis moneter yang berbuntut pada keputusan pemerintah menaikkan harga BBM pada 4 Mei 1998.

6 Mei juga mencatat beberapa peristiwa lain, seperti keberhasilan Inter Milan juara Piala UEFA dan pembukaan Menara Eiffel di Paris untuk umum. Berikut ulasannya.

1998: Kerusuhan di Medan

Usai kenaikan harga BBM pada 4 Mei 1998, kerusuhan yang cukup besar terjadi di Medan, Sumatera Utara. Dikutip dari Republika, pengerusakan, pembakaran dan penjarahan terjadi selama tiga hari. Kerusuhan yang melibatkan ribuan massa ini meluas ke wilayah-wilayah lain di pinggir selatan kota bahkan ke wilayah Kabupaten Deli Serdang.

Pada 5 Mei Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Ismed Yuzairi mengatakan situasi kerusuhan sudah dapat kendalikan. Tapi keesokan harinya tepatnya 6 Mei 1998 kerusuhan kembali terjadi dan cenderung meluas bahkan hingga ke Padang.

Kerusuhan di Medan meluas ke sentimen rasial hingga mendorong pengungsian besar-besaran para warga keturunan China. Mereka meninggalkan rumah atau ruko ke luar kota dan menginap di Hotel Danau Toba yang sudah dijaga ketat petugas.

1998: Inter Milan Juara Piala UEFA

INtermilan juara UEFAFoto: goal

Pada 6 Mei 1998, stadion Parc de Princes, Paris, digelar partai puncak UEFA Cup. Final malam itu mempertemukan Inter Milan melawan Lazio. Dalam pertandingan itu, Inter yang diperkuat bintang Brasil Ronaldo meraih juara usai menang 3-0 atas Lazio.

1889: Menara Eiffel Dibuka untuk Umum

Menara eifelFoto: Freepik

Menara Eiffel, Paris, Prancis dibuka secara umum pada 6 Mei 1889.  Menara ikonik setinggi 300 meter ini dirancang oleh Gustave Eiffel yang juga perancang patung Liberty yang didirikan di New York.

Menurut situs resmi Tour Eiffel, pembangunan menara Eiffel dimulai 28 Januari 1887 dan menghabiskan waktu dua tahun, dua bulan, dan lima hari untuk selesai. Sebanyak 7.300 ton baja digunakan untuk membangun menara ikonis yang berada di Champ de Mars di tepi Sungai Seine. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Samarinda just now

Welcome to TIMES Samarinda

TIMES Samarinda is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.